Monday, March 24, 2014

12 Tips Aman Bekerja di Pabrik Kimia

Anda telah melewati serangkaian tes untuk bekerja sebagai operator pabrik kimia. Akhirnya, Anda dapat bekerja untuk sebuah perusahaan manufaktur kimia. Itu adalah prestasi yang baik dalam hidup Anda.

Tugas pertama yang menunggu untuk Anda. Anda perlu belajar banyak hal baru sebagai operator pabrik kimia. Anda harus menguasai proses produksi, Standard Operating Procedure (SOP), kondisi tempat kerja, kesehatan dan keselamatan kerja.

Pabrik kimia memiliki berbagai jenis potensi bahaya. Ini potensi bahaya bisa berubah menjadi bahaya nyata dan menyebabkan cedera dan kematian jika Anda tidak tahu cara menjalankan pabrik dengan aman.

Idealnya, majikan Anda akan memberikan semua informasi, pendidikan dan pelatihan yang Anda butuhkan tentang keselamatan di pabrik. Namun, terkadang majikan Anda tidak dapat mengobati keselamatan dalam operasi memadai. Jadi, Anda harus mencari informasi tersebut, pendidikan dan pelatihan sendiri.

 

1 2 Safety Tips untuk New Pabrik Kimia Operator

Berikut ini adalah tips praktis yang akan membantu Anda mempelajari aspek keselamatan di pabrik manufaktur kimia selama tugas pertama Anda sebagai operator pabrik.

Anda harus selalu berpikir bahwa keselamatan adalah prioritas pertama Anda sebelum melakukan pekerjaan apapun di pabrik. Baca dengan seksama tips berikut di bawah ini dan pastikan Anda memahami mereka semua.

    1. Mengerti sepenuhnya mengenai kebijakan perusahaan dan peraturan tentang kesehatan dan keselamatan kerja. Anda perlu untuk mendapatkan penjelasan detail tentang dokumen-dokumen ini karena mereka adalah referensi utama.
    2. Menguasai proses produksi dan keselamatan dalam operasi. Menguasai aliran material, kondisi operasi, proses dan diagram instrumentasi, sistem interlock dan sistem keamanan.
    3. Pelajari cara menggunakan peralatan proses dengan aman. Menguasai operasi manual.
    4. Baca semua prosedur operasi standar yang berkaitan dengan pekerjaan Anda sehari-hari sebagai operator pabrik.
    5. Memahami tindakan pencegahan dan rekomendasi keselamatan untuk semua peralatan proses.
    6. Pastikan bahwa Anda telah memahami cara membaca Material Safety Data Sheet (MSDS).
    7. Jangan menangani bahan kimia apapun sebelum membaca dan memahami MSDS.
    8. Hal ini penting untuk melindungi Anda dari bahaya tertentu.
    9. Jangan melakukan pekerjaan yang Anda tidak punya pelatihan tentang pekerjaan itu. Meskipun Anda diperintahkan untuk melakukan pekerjaan itu oleh atasan Anda.
    10. Kenali kondisi tempat kerja. Cari tahu di mana bahan kimia berbahaya disimpan. Cari tahu di mana bahan yang mudah terbakar disimpan.
    11. Memahami simbol bahaya digunakan di tempat kerja. Setiap simbol bahaya memiliki arti tersendiri dan membutuhkan perhatian yang berbeda.
    12. Hidup Anda akan berubah karena Anda bekerja dalam jadwal shift. Anda akan bekerja dalam tiga siklus pergeseran karena tanaman berjalan terus menerus. Jadi, mengambil istirahat yang cukup untuk mendukung kesehatan Anda.

 

No comments:

Post a Comment